Rabu, 22 Mei 2013

MESIN THERMOCOPIER


MESIN THERMOCOPIER
http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQWmk7_1FdgMkezXS9HRIn7ARMPwhQZsa22-ARvgMnXFRAa8LRV
   Mesin Thermocopier disebut juga thermofax atau transparancy maker.
 Master spirit duplikator yang dibuat dengan thermocopier ada dua macam, yaitu sebagai berikut:
a.      Thermo master unit, terdiri atas master dan karbon yang dapat dilumerkan bentuknya hampir menyerupai stensil sheet.
b.      Super thermo master unit, teridir atas karbon yang dapat dilumerkan dan master yang terbuat dari acetat tembus pandang. Master ini selain digunakan sebagai master spirit duplikator, juga dapat digunakan sebagai transparasi OHP.
Dari kedua mesin tersebut, cara mengoperasikan pada prinsipnya sama saja. Perbedaan antara keduanya terletak pada alat pelengkap operasinya. Rex Rotary menggunakan alat pelengkap operasi yang disebut dengancarrier, sedangkan 3M tanpa carrier atau langsung. Carier merupakan lembaran kertas yang terdiri atas tiga lembar ukuran folio yaitu :
·         Di atas, lembaran kertas tipis
·         Lembaran kertas  aluminium
·         Di bawah, lembaran kertas tebal dilapisi busa nilon pada permukaan atasnya.
Carrier berfungsi untuk membawa dan melindungi master beserta originalnya. Cara membuatnya sebagai berikut:
a.      Steker dimasukkan ke dalam stop kontak, sehingga mesin tampak menyala. Listrik yang dikonsumsi antara 1500-2000 watt.
b.      Tombol pengatur kecepatan diputar hingga jarum menunjukkan angka 1.
c.       Original diletakkan di bawah master
·         Untuk thermocopier 3M, langsung dimasukkan di dalam tempat pemasukannya pada mesin tersebut.
·         Untuk thermocopier Rex Rotary, kedua lembar itu
d.      Tombol ON- OFF dihidupkan (ON), sehingga master original beserta carrier tertarik masuk ke tempat penyinaran. Pada proses ini, terlihat adanya cahaya dari celah – celah lubang pemasukan.
e.      Sesaat kemudian, antara 6 detik, keluarlah lewat tempat pengeluaran semuanya.
f.        Secara berhati – hati, original beserta master dilepas menggunakan tangan dan master telah siap digandakan. Bila dirasakan bahwa hasilnya belum meyakinkan, maka original beserta master sebelumnya dilepaskan diulangi lagi untuk kedua kalinya.
 
Pada dasarnya, sebuah mesin memperlukan pemanasan seperti halnya mesin fotocopy. Pada Rex Rotary, saat pemanasan ini terdengar bunyi mesin, tetapi kalau sudah siap maka bunyi tersebut akan hilang.
Bagian-Bagian mesin Thermocopier:
a.       Tempat pemasukan berupa lubang yang berfungsi sebagai tempat pemasukan master thermo unit beserts original.Melalui lubang ini master thermal unit beserta original secara otomatis lewat tempat pemasukan penyinaran (exposure opening) bila mesin dihidupkan on.
b.       Tutup rol penyinaran befungsi  untuk menutupi penyinaran dan mudah dibuka untuk membersihkan glass roler tersebut.
c.       Tombol On-Off (on-off switch) berfungsi untuk menghidupkan mesin/mengopi dan mematikan mesin.
d.       Tombol pemgatur kecepatan , berupa tombol  yang dapat diputar dilengkapi dengan jarum untuk menunjukan angka yang dikehendaki .Bila jarum diputar menunjukan angka rendah berarti mengcopy dengan lambat untuk membuat  master spirit duplicator ,jika jarum menunjukan tengah-tengah berarti  mengcopy dengan  kecepatan sedang untuk membuat transparsi ,jika jarum menunjukan angka tinggi .berarti mengcopy dengan kecepatan tinggi untuk melaminasi.
a.       Tempat pengeluaran ,berupa lubang dibagian belakang (ret rotary) dibagian depan bawah sebagai tempat keluarnya hasil copyan (master unit dan original)
b.       Roll kaca dan lampu terdapat dibagian dalam yang berfungsi untuk menarik kertas dan proses penyinaran.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar